Perusahaan Manufaktur & Transportasi : Saatnya Merubah Pola Baru System Perawatan Mesin Dengan Pendekatan Baru RCM Kalau Mau Untung... !!

INDONESIASATU.CO.ID:

RELIABILITY-CENTERED MAINTENANCE (RCM) : Tantangan utama yang di hadapi oleh orang-orang perawatan saat ini tidak hanya belajar tentang apa saja dari teknik-teknik perawatan prediktif, tetapi untuk memutuskan mana yang bermanfaat dan mana yang tidak di dalam organisasinya. Bila kita mengambil pilihan-pilihan yang tepat, akan memungkinkan untuk meningkatkan prestasi aset, pada waktu yang bersamaan pula dapat mengakomodasi dan dapat menurunkan biaya perawatan. Apabila kita mengambil pilihan yang salah, masalah-masalah baru akan timbul sedangkan masalah yang telah ada akan semakin parah.

Tantangan-tantangan yang di hadapi oleh menejer perawatan mesin moderen dapat di ringkaskan sebagai berikut :

  1. Untuk memilih teknik-teknik yang paling tepat
  2. Untuk menghadapi setiap proses kegagalan dalam rangka memenuhi harapan dari pemilik aset, pengguna aset dan masyarakat secara keseluruhan dengan biaya yang efektif dan awet serta denagn bantuan dan kerjasama aktif dari seluruh orang yang tertarik

Perawatan adalah suatu aktifitas yang bukan sebagai cost center melainkan suatu bagian yang memberikan efek domino bagi kelangsungan dan kemajuan perusahaan.

Telah terbit buku yang menjadi pedoman dalam pendekatan baru maintenance yang berjudul Reliability Centered Maintenance (RCM) pada tahun 2015 dan cetakan kedua tahun 2016, yang diterbitkan oleh Mitra Wacana Media dan telah beredar di toko-toko buku off line dan on line.

 

Berita Terkait

Index Berita