Prihatin Kondisi Sungai di Banjar, Komunitas Citanduy Galakkan Gerakan Bersih-Bersih Sungai Cibodas

WARTASEKOLAH.COM: KOTA BANJAR - Minimnya perhatian masyarakat terhadap ekosistem sungai di Kota Banjar, Jawa Barat, menyimpan keprihatinan sejumlah kalangan. Minimnya perhatian masyarakat terhadap sungai membuat kondisi sungai sering mengalami pencemaran.

Melihat hal itu, sekitar 300 orang yang tergabung dalam Komunitas Citanduy Lestari (Konci), melakukan kegiatan bersih Sungai Cibodas, yang merupakan anak Sungai Citanduy, yang berada di Blok Jelat, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (31/08).

Ketua Komunitas Konci,  Asep Hidayat, mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan mengingat pentingnya menjaga kondisi sungai tetap bersih dan kualitas air sungai juga terjaga dengan baik. Pasalnya, kata Asep, kualitas air sungai seringkali mengalami penurunan akibat banyaknya pencemaran yang masuk ke sungai.
"Sungai diwilayah Kota Banjar, kita amati sudah sangat banyak yang kotor, banyak limbah terutama dari rumah tangga yang langsung dibuang ke sungai," katanya.

Lebih jauh Asep, menjalaskan, hingga saat ini sungai masih memiliki persoalan yang cukup pelik. Mulai dari hak sungai yang tidak terjaga, pendangkalan, kondisi talut yang mulai rapuh hingga masih banyaknya warga yang membuang limbah dan sampah ke sungai.

Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai kampanye mengajak masyarakat untuk perduli terhadap sungai, khususnya Sungai Cibodas, yang merupakan anak Sungai Citanduy.

"Melihat kurangnya perhatian pada salah satu aliran sungai yang ada di Kota Banjar ini, kita agendakan kegiatan bersih-bersih, kegiatan ini juga sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih peduli pada lingkungan dan berhenti mencemari sungai," tandasnya.

Pihaknya, juga menghimbau dan mengajak agar masyarakat diwilayah Kota Banjar, untuk melakukan pengolahan limbah sebelum dibuang ke sungai, sampah jangan lansung dibuang ke Sungai. Sebisa mungkin masyarakat diwilayah Kota Banjar, diminta untuk tidak membuang sampah di Sungai agar aliran Sungai tetap bersih, sehingga ekosistem Sungai terjaga dengan baik.

Kegiatan bersih-bersih Sungai yang digagas oleh Komunitas Konci, dilaksanakan secara bersama-sama dengan pihak-pihak terkait, diantaranya BBWS Citanduy, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD Kota Banjar, Pemerintahan Kelurahan dan Kecamatan Pataruman, Mahasiswa KKN UIN Bandung, unsur TNI dan Polri, Karang Taruna, Ormas, serta unsur lembaga masyarakat lainnya. (Baehaki Efendi).

Index Berita